Wednesday, December 28, 2011

CMNP Terbitkan Obligasi Rp 1,5 Triliun

Kamis, 29 Desember 2011 10:15 WIB
(Vibiznews-Bonds& Mutual) Rencana penerbitan obligasi PT Citra Marga Nusaphala Tbk (CMNP) terus bergulir. Obligasi dengan nilai maksimum Rp 1,5 triliun ini akan meluncur pada semester I-2012.

Perseroan kini tengah menggelar seleksi (beauty contest) untuk menentukan penjamin emisi atas surat utang tersebut. CMNP menggunakan laporan keuangan Desember 2011 dalam pelaksanaan obligasi Rp 1,5 triliun ini.

"Bonds issue digunakan untuk dana ekspansi kami tahun depan. Nilainya Rp 1-1,5 triliun. Di semester I targetnya," ucap Direktur Operasi PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk, Hudaya Ariyanto di Jakarta, Rabu (28/12/2011).

Direktur Keuangan CMNP, Indrawan Sumantri menambahkan, dalam satu, dua bulan ke depan underwriter telah terpilih. Perseroan telah berbicara dengan beberapa sekuritas.

"Satu pihak dapat terdiri dari tiga penjamin emisi. Kami akan pilih mana yang terbaik. Bagaimana kesanggupan mereka menyerap size obligasi nanti. Itu masih dalam proses," jelas Indrawan.

Dana obligasi sebagian besar digunakan untuk ekspansi, berupa akuisisi dua ruas tol baru di Jakarta. Perseroan kini tengah mengikut due dilligence atas pembelian konsesi dua ruas tol tersebut.

Lanjut Hudaya, proses uji tuntas satu ruas tol telah tuntas. Satu lagi masih dalam proses akhir. Selain CMNP, masih ada satu perusahaan lain yang juga mengikuti uji tuntas tersebut.

"Untuk nama-namanya belum bisa disebut. Nanti takut harganya naik," tegas Hudaya.

Selain akusisi dua ruas tol, perseroan juga terlibat dalam pembangunan enam ruas tol dalam kota melalui konsorsium PT Jakarta Toll-road Development (JTD). Porsi kepemilikan saham perseroan di enam ruas tol ini terbilang minim.

"Namun kami melihat nilai tambah kepada Citra Marga. Karena kami punya advantage sebagai operator jalan tol sebelumnya. Masuk di JTD, dengan investment cost besar Rp 40 triliun. DKI sebagai pemrakarsa. Mereka ambil 2/3 bagian dari saham. Sisanya diambil ramai-ramai 10 perusahaan. Salah satunya CMNP," imbuhnya.

No comments: